Langsung ke konten utama

SKRIPSI : Penerapan Asbabun Nuzul Pada Surah Yasin Menurut Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab


Oleh : Maulana Ihsan, S.Ud
WhatApp : 082184783822




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i
NOTA DINAS ......................................................................................................... ii
SURAT ORISINALITAS SKRIPSI ..................................................................... iii
PENGESAHAN ...................................................................................................... iv
MOTTO                                                                                                                ....             v
PERSEMBAHAN ................................................................................................... vi
ABSTRAK .............................................................................................................. vii
KATA PENGANTAR ........................................................................................... viii
DAFTAR ISI ........................................................................................................... x
PEDOMAN TRANSLITERASI ........................................................................... xii

BAB I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.       Permasalahan ................................................................................... 5
C.       Batasan Masalah ............................................................................. 6
D.      Tujuan dan Kegunaan Masalah ....................................................... 6
E.       Tinjauan Pustaka ............................................................................. 7
F.        Metode Penelitian ........................................................................... 8
1.    Pendekatan Penelitian ................................................................ 8
2.    Sumber dan Jenis Data ............................................................... 9
3.    Teknik Pengumpulan Data ......................................................... 9
4.    Metode Analisis Data ................................................................. 9
G.      Sistematika Pembahasan ................................................................. 10

BAB II    BIOGRAFI M. QURAISH SHIHAB DAN TAFSIR AL-MISHBAH
A.      Biografi M. Quraish Shihab ............................................................ 12
1.    Latar Belakang Kehidupan M. Quraish Shihab ......................... 12
2.    Pendidikan M. Quraish Shihab .................................................. 14
3.    Karya-karya M. Quraish Shihab ................................................. 17
B.       Gambaran Tentang Tafsir al-Mishbah ............................................. 19
1.  Metode dalam Tafsir al-Mishbah ............................................... 19
2.  Corak dalam Tafsir al-Mishbah .................................................. 23

BAB III     PERSOALAN-PERSOALAN DI SEPUTAR ASBA<B AL-NUZU<L
A.      Definisi Asba>b al-Nuzu>l .................................................................. 28
B.       Pedoman mengetahui Asba>b al-Nuzu>l ............................................ 35
C.       Redaksi Asba>b al-Nuzu>l ................................................................. 38
D.      Manfaat mengetahui Asba>b al-Nuzu>l ............................................. 42





BAB IV     ASBA<B AL-NUZU<L PADA SURAH YA<SI<N MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH KAYRA M. QURAISH SHIHAB
A.      Kondisi historis turunnya surah Ya>si>n menurut                       Tafsir al-Mishbah                49 
1.    Gambaran umum tentang surah Ya>si>n ....................................... 49
2.    Muna>sabah surah Ya>si>n dengan surah sebelum dan  sesudahnya                       55
B.       Penerapan kaidah Asba>b al-Nuzu>l pada surah Ya>si>n menurut Tafsir al-Mishbah                57
C.       Pandangan M. Quraish Shihab tentang Asba>b al-Nuzu>l pada surah Ya>si>n              65

BAB V    PENUTUP
A.      Kesimpulan ..................................................................................... 84
B.       Rekomendasi ................................................................................... 85
C.       Kata Penutup .............................................................................. ... 85

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
CURRICULUM VITAE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM SHOLAT DI BELAKANG SHAF YANG ADA CELAH MENURUT 4 IMAM

  Menurut mazhab Hanafi, Maliki dan Syafi’i, Sholat di belakang shaf yang ada renggang atau celah hal ini makruh menurut kesepakatan para imam mazhab, tidak termasuk Imam Hambali. Sedangkan menurut mazhab Hambali : Jika seseorang sholat di belakang shaf yang ada renggang atau celah, jika dia sendirian maka batal sholatnya. Tapi, jika bersama lainnya, maka makruh sholatnya. Diterjemahkan dari Kitab al-Fiqh 'ala Mazahib al-Arba'ah Karya 'Abdurrahman al-Jaziriy Jilid 1 Halaman 253

Pondok Pesantren Daarul Aula Kembali Membuka Gelombang Pendaftaran

Alhamdulillah Pondok Pesantren Daarul Aula kembali membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2022/2023 untuk Gelombang II, mulai tanggal 16 Mei s/d 30 Juni 2022. Bagi Bapak/Ibu/Saudara/Saudari/Sahabat yang berminat mendaftarkan putra putri nya bisa mengikuti petunjuk pendaftaran di bawah ini 👇👇👇 PENDAFTARAN SANTRI BARU PONDOK PESANTREN DAARUL AULA SINGKUT TAHUN PELAJARAN 2022-2023 M/ 1443-1444 H السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرْكَاتُهُ Bapak/Ibu calon wali santri PP. Daarul Aula, mudah-mudahan selalu dirahmati oleh Allah Ta'ala.    Kami Panitia Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren DAARUL AULA Singkut memberitahukan bahwa pendaftaran bisa dilakukan dengan 3 (tiga) cara, yaitu ; 1. Pendaftaran dengan cara datang langsung ke Kantor atau Sekretariat Penerimaan Santri Baru di Pondok Pesantren Daarul Aula. 2. Pendaftaran dilakukan dengan cara DARING (ONLINE) bisa melalui Hp Android dan Laptop dengan cara mengisi formulir pendaftaran (klik tautan di bawah ini) ;...

SHALAT NAWAFIL MENURUT MADZHAB SYAFI'IYYAH

SHALAT-SHALAT NAWAFIL MENURUT MADZHAB SYAFI'IYYAH (Fiqih Islam wa Adillatuhu, Juz 2, Halaman 216-217) Shalat Nawafil menurut Syafi'iyyah terbagi menjadi dua; nawafil yang disunnahkan untuk dilakukan dengan berjamaah, dan nawafil yang tidak disunnahkan berjamaah: 1. SHALAT NAFILAH YANG DISUNNAHKAN UNTUK BERJAMAAH ADA TUJUH SHALAT: Shalat hari raya ldul Fitri dan Idul Adha, shalat gerhana matahari dan gerhana bulan, shalat istisqa', dan shalat tarawih. Sayyidah Aisyah berkata, "Rasulullah saw. mendirikan shalat tarawih pada malam hari dan para sahabat mengikuti beliau. Malam berikutnya Rasul tidak ke masjid dan melakukan shalatnya di rumah sampai akhir bulan Ramadhan. Ketika ditanyakan mengenai hal itu beliau menjawab, Aku takut shalat ini diwajibkan atas kalian hingga melemahkan kalian."' Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban meriwayatkan dari Iabir, ia berkata, "Kami shalat bersama Rasulullah saw. pada bulan Ramadhan sebanyak delapan rakaat, dan dis...